Thursday 10 February 2011

Hack terhadap staklim Sampali


Akhir-akhir ini bila anda mau mendapatkan informasi prakiraan hujan Sumatera Utara melalui website yang dikelola BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Sampali Medan pasti mengalami kesulitan. Demikian diinformasikan staf maintenance web Joko Yulianto, Ssi. Dia menjelaskan bahwa sebenarnya pihak pengelola server sebelumnya menjamin bahwa web-web yang coolocation dengan mereka dapat dijamin tidak bisa ditembus hacker. Kenyataannya ya seperti ini, dibobol hacker, ujarnya.
    Semenjak Jumat (14/1) hingga (17/1) Senin ternyata kita masih mengalami kesulitan akses pada alamat ini. Padahal menurut salah seorang pengunjung setia situs ini, Ir. Amron Siregar: “kami sangat memerlukan informasi yang cepat guna menujang tugas-tugas kami dalam sector pertanian.” Apalagi, ujarnya, akhir-akhir ini kami senantiasa diberi tambahan tugas bagaimana menjelaskan anomali iklim tahun 2010 yang turut  pula dialami Sumatera Utara. Curah hujan di Sumatera Uatara tergolong unik, ketika di P. Jawa mengalami banyak hujan, maka di sini malah sebaliknya sedikit hujan.
    Kami mesti menjelaskan daerah mana yang terkena kekeringan yang menyebabkan lebih dari ribuan ha padi puso tahun lalu. Ada daerah-daerah yang mengalami kekeringan atau curah hujan di bawah normal hingga lebih dari 5 bulan pada tahun yang lalu. Namun kontras dengan itu, malah ada pula daerah yang mengalami curah hujan di atas normal. Demikain bervariasinya kondisi curah hujan ini menyebabkan kami perlu senantiasa memerlukan informasi perkembangan iklim terkini guna mendapatkan bahan supervisi pola tanam yang  menunjang sektor pertanian, paparnya.
    Amron, yang menjabat salah seorang Kepala Seksi pada Dinas Pertanian Sumatera Utara tersebut mengatakan dengan berharap bahwa informasi yang paling cepat diakses adalah melalui website, timpalnya. (redaktur).



Gambar website Stasiun Klimatologi Sampali:

1 comment:

  1. ya itulah pak, jika menggunakan web app yang gratisan.. jika lupa mendownload cms terbaru dari website penyedia cms gratisan. Dan security mengenai database ditingkatkan.. Jangan sekali-sekali menggunakan password yang mudah dikenal. Gunakan password yang tidak terdiri dari huruf dan angka.

    ReplyDelete